Wednesday, February 16, 2011

CC 201 100, my favourite locomotive...


Hingga saat ini, 16 Februari 2011, si Cepe berdomisili di Dipo Induk BD, dan sebagai lok milik Daop II ini (termasuk lok favorit saya karena nomor serinya yang "unik", selain angka bulat juga tidak ada lok lain selain CC 201 yang penomorannya sampai angka 100), si Cepe sering dinas KA GoPar BD-GMR PP atau KA Argo Wilis BD-SGU PP. Contohnya seperti foto dibawah ini, ketika si Cepe dinas KA 006 Argo Wilis (Bandung - Sb. Gubeng)...


Ini foto saat si Cepe dinas last trip Argo Parahyangan 7067 (Bandung-Gambir)



Berikut data teknis CC 201 100 "Cepe":

Tahun produksi: 1992 (lok baru produksi ke-82)
Gauge: 1.067 mm (metre gauge)

1. Data fisik

Berat kosong: 78 ton (~ 78.000 kg)
Berat siap: 84 ton (~ 84.000 kg)
Berat adhesi: 84 ton (~ 84.000 kg)
Panjang: 14.134 mm (~ 14,13 m)
Lebar: 2.642 mm (~ 2,64 m)
Tinggi: 3.636 mm (~ 3,64 m)
Jarak antar coupler: 15.124 mm (~ 15,12 m)
Tinggi coupler: 770 mm (~ 0,77 m)
Jarak gandar: 3.304 mm (~ 3,30 m)
Jarak antar pivot: 7.680 mm (~ 7,68 m)
Diameter roda penggerak: 914 mm (~ 0,91 m)

2. Spesifikasi motor diesel

Tipe: GE-7FDL8
Jenis: 4 langkah, turbocharger
Daya: 1.950 HP
--> Daya ke generator: 1.825 HP

3. Spesifikasi motor traksi

Jenis: GE 761 (arus Direct Current - searah)
Jumlah motor traksi: 6
Gear ratio: 90:21
Tipe generator: GT 581

4. Performa

Kecepatan maksimum: 120 km/h (~ 74,57 mph)
Kecepatan minimum kontinu: 24 km/h (~ 14,91 mph)
Jari-jari lengkung terkecil: 56,7 m
Gaya tarik maksimum: 17.640 kgf*

5. Kapasitas

Bahan bakar: 3.028 L
Minyak pelumas: 984 L
Air pendingin: 684 L
Pasir: 510 L

6. Lain-lain

Sistem rem: air pressure, parkir, dinamik
Tipe kompresor: Gardner Denver WBO

Sumber: http://id.m.wikipedia.org/wiki/CC201?wasRedirected=true/

No comments:

Post a Comment